0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini 5 Manfaat Permainan Puzzle untuk Anak-Anak

Jigsaw Puzzle. (Dok: Timlo.net/ publicdomainpictures.net.)

Timlo.net—Permainan jigsaw puzzle ternyata memiliki banyak manfaat bagi anak-anak karena bisa digunakan sebagai alat penting untuk belajar dan mengembangkan diri untuk buah hati kita. Lantas apa saja manfaat dari permainan ini untuk anak-anak?

1. Mengembangkan fokus dan kordinasi

Karena hanya ada satu cara untuk menyelesaikan permainan ini, maka metode trial and error adalah metode yang bisa dicoba. Anak-anak perlu fokus dan mengembangkan kordinasi antara mata dan tangan. Hal ini menolong kemampuan mereka menyelesaikan masalah.

2. Mengembangkan kemampuan menyelesaikan masalah

Permainan puzzle menantang anak-anak untuk menyelesaikan masalah yang ada di depan mereka yaitu menyusun potongan-potongan puzzle sesuai tempatnya. Selain itu, kemampuan berpikir rasional juga diasah dalam permainan ini juga ketajaman visual. Mereka belajar tentang berbagai bentuk, lingkungan dan lain-lain.

3. Kembangkan kemampuan mengingat

Saat anak-anak bermain puzzle, otak mereka memproduksi dopamine yang bertanggung jawab untuk proses mengingat dan belajar. Produksi dopamine ini dikatakan meningkat saat anak-anak bermain puzzle. Dikatakan anak-anak yang gemar bermain puzzle memiliki resiko lebih rendah untuk menjadi pikun saat tua dan mengurangi resiko penyakit Alzheimer’s.

4. Tingkatkan konsentrasi anak

Anak-anak perlu konsentrasi yang tinggi untuk menyelesaikan puzzle. Selain itu melihat potongan-potongan puzzle dan mencocokkannya dengan contoh gambar menolong anak berlatih visualisasi. Hal ini baik untuk aktivitas fisik dan aktivitas mental.

5. Baik untuk kesehatan

Manfaat permainan ini untuk kesehatan adalah menurunkan detak jantung dan tekanan darah serta memperhalus pernafasan. Hal ini dikarenakan untuk memainkan permainan ini dibutuhkan ketenangan dan konsentrasi.

Sumber: Times of India.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge