0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mengenal Sejarah Melalui Film Surat Cinta Untuk Kartini

Pemain dan sutradara Surat Cinta Untuk Kartini saat menggelar meet and greet di Hartono Mall (timlo.net/setyo pujis)

Solo Baru – MNC Picture merilis film layar lebar terbarunya yang bertemakan sejarah. Dengan judul Surat Cinta Untuk Kartini, film fiksi besutan sutradara Azhar Kinoi Lubis tersebut menceritakan perjuangan RA Kartini melalui sudut pandang orang ketiga seorang pengantar pos.

“Meskipun fiksi, namun dalam film ini memiliki latar belakang sejarah yang sangat kental. Karena film ini merupakan interpretasi kita terhadap sejarah, baik yang diambil melalui dokumen dan surat-surat dari RA Kartini pada waktu itu,” ujar Sutradara film Surat Cinta Untuk Kartini, Azhar Kinoi Lubis kepada wartawan, Selasa (12/4).

Dalam film ini, penggambaran sosok Kartini lebih banyak menggunakan sudat pandang orang ketiga, yaitu Suwardi yang diperankan oleh Chicco Jerikho. Dimana tokoh Suwardi tersebut mengidolakan RA Kartini karena dianggap memiliki sikap yang lebih maju dimasanya.

“Memang untuk pengemasan isi cerita kita buat semenarik mungkin. Tujuannya agar dapat diterima untuk semua kalangan, tanpa mengurangi pesan yang ingin disampaikan, ” jelasnya.

Adapun aktor dan aktris dalam film tersebut, diantaranya adalah Chicco Jerikho, Ence Bagus, Keke Harun, Rania Putri dan lainya. Sementara untuk pengambilan lokasi syuting sendiri dilakukan di beberapa tempat, mulai dari Yogjakarta, Solo, Klaten dan Rembang.

“Alasan kita tidak membuatnya langsung di Jepara, karena lokasinya sudah banyak yang berubah dan sulit untuk di setting seperti layaknya tempo dulu,” ungkap dia.

Melalui karya filmnya itu, Azhar berkeinginan agar masyarakat Indonesia bisa lebih mengenal sejarah bangsanya sendiri. Baik tentang pendidikan, emansipasi terhadap perempuan, budaya dan lainnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge