0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Paska UN, Pelajar Serbu Disdukcapil

Pencari e-KTP di Kantor Disdukcapil Klaten (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Jumlah pemohon kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Selasa (12/4), melonjak. Diperkirakan, pemohon didominasi pelajar yang baru selesai menempuh Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/SMK sederajat.

“Iya, kemungkinan pemohon e-KTP pemula. Sebab sebagai persyaratan utama yang berusia 17 tahun ke atas harus memiliki e-KTP. Belum lagi sebagai syarat untuk mencari kartu kuning,” ucap Kepala Disdukcapil Klaten Widya Sutrisna, Selasa (12/4).

Lonjakan pemohan e-KTP di hari Selasa, menurut dia diluar prediksi. Pasalnya, keramaian biasanya terjadi pada hari Senin atau Jumat. Widya memperkirakan puncak keramaian terjadi saat penerimaan mahasiswa baru atau musim liburan, Agustus-September.

“Kaget juga. Tadi kan saya tinggal sebentar untuk mengikuti acara di Pendopo. Kalau hari biasa sekitar 100 orang, itu belum yang mengurus akta. Kemarin saja hampir 200, meningkat sekitar 40 persen,” ujar Widya.

Disisi lain, Widya menduga, lonjakan dipengaruhi pilihan masyarakat yang melakukan perekaman data langsung di kabupaten. Padahal, kantor kecamatan juga melayani perekaman data e-KTP, meski pencetakannya tetap dilakukan di kabupaten.

“Prinsipnya ya kami minta untuk bersabar. Paling lama 10 hari. Apalagi hari ini beberapa petugas keliling kami sedang melayani di Desa Banyuaeng, Kecamatan Karangnongko. Yang penting setiap hari kita layani,” tutur Widya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge