0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kodim Klaten Canangkan Gerakan 1.000 Jamban

Komandan Kodim Klaten Letkol Infanteri Bayu Jagat meletakan batu pertama pembangunan program jamban di Desa Karanglo (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Komando Distrik Militer (Kodim) 0723/Klaten mencanangkan program gerakan 1.000 jamban. Secara simbolis, Dandim Klaten Letkol Infanteri Bayu Jagat melakukan peletakan batu pertama pembangunan tujuh jamban bagi warga Desa Karanglo, Kecamatan Klaten Selatan, Selasa (12/4).

“Kita merangkul sejumlah CSR (Corporate Social Responbility) untuk peduli mendukung program jambanisasi ini. Secara bertahap, kita targetkan 1.000 jamban dibangun tahun ini. Kalau memang di tiap desa ada yang belum punya jamban, bisa berkoordinasi dengan Koramil setempat,” ujar Dandim Klaten Letkol Inf Bayu Jagat.

Dikatakan, program tersebut merupakan aksi nyata TNI dalam mendukung program sejuta jamban yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Selain, di Desa Karanglo, pihaknya juga akan membangun jamban di Desa Manjung, Kecamatan Ngawen; Desa Bakung, Kecamatan Jogonalan, dan Desa Jomboran, Kecamatan Klaten Tengah.

Sementara, Ketua RW 10 Dukuh Ketinggen, Karsidi mengaku, berterimakasih atas kepedulian TNI membangun jamban di tujuh rumah warga di RW-nya. Sebab, selama ini warganya tak jarang buang air kecil sembarangan di sekitar gedung balai RW 10. Adapun lokasi pembangunan jamban berada di samping balai RW 10 atau belakang SDN 1 Karanglo.

“Meski sepele, kalau tidak ada jamban bisa mengganggu kenyamanan warga. Direncakan kurang dari sepekan jamban ini bisa selesai dibangun,” ucap Karsidi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge