0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penambangan Ilegal Kali Apu Kembali Beroperasi

Aktivitas penambangan galian C ilegal dengan alat berat di Kali Apu, Selo, kembali marak (timlo.net/nanin)

Boyolali — Meski sudah dilakukan operasi dan menyita belasan CPU Back Hoe, namun ternyata tidak membuat jera pelaku tambang illegal di Kali Apu, Kecamatan Selo. Terbukti, saat ini aktivitas penambangan illegal menggunakan alat berat back hoe kembali beroperasi di sungai yang berada di Kawasan Lereng Merapi.

“Belum tahu pasti ada yang masih beroperasional, mereka belum memberitahu pihak desa,” kata Kepala Desa Klakah, Haryono, Minggu (10/4).

Sementara itu, Kasi Pengawasan dan Pengendalian Satpol PP Jateng, Budi, akan melakukan penindakan terkait masih maraknya aktivitas tambang illegal dengan alat berat di Kali Apu. Disisi lain, pihaknya berharap aparat penegak hukum di daerah ikut berpartisipasi menegakkan peraturan.

“Harusnya aparat di daerah juga responsif, segera lakukan penindakan,” tegasnya.

Aktivitas penambangan illegal di Kali Apu, terpantau di sisi selatan sungai atau berjarak 2 kilometer dari jalan masuk ke sungai. Sebuah alat berat back hoe tengah beroperasi mengeruk tebing. Sementara disekitar back hoe, belasan truk terlihat mengantri. Aktivitas ini juga terlihat dari lalu lalangnya puluhan truk pasir di sepanjang Kali Apu. Bahkan, truk-truk tersebut memuat pasir melebihi tonase yang ditentukan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge