0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Miris, Anak SMA Ini Nyolong Helm Buat Bayar SPP

Tersangka pencuri helm saat diamankan di Mapolsek Laweyang (timlo.net/heru murdhani)

Solo — Seorang bocah yang masih berstatus sebagai pelajar SMA di Kota Bengawan kedapatan mencuri helm di pusat perbelanjaan kawasan jalan Slamet Riyadi Solo. Tertangkapnya AR (16) ini berkat upaya pengamatan yang dilakukan oleh pihak keamanan mall.

“Berdasarkan pengakuan, pelaku AR telah beberapa kali menjalankan aksinya. Bahkan setiap kali beraksi, pelaku bisa membawa dua hingga tiga helm sekaligus,” ungkap Kapolsek Laweyan, Kompol Agus Puryadi, Sabtu (9/4).

Awalnya, keberadaan maling cilik ini tak terendus oleh pihak keamanan Mall. Setelah dua kali terjadi kasus yang sama dalam satu hari, pihak Mall kemudian memeriksa rekaman CCTV dan mencoba mencocokkan dengan motor, baju dan jaket yang dikenakan pelaku.

“Lalu diintai selama satu minggu, tetapi pelaku tidak muncul, kemudian pengintaian dilanjutkan, dan benar saja pelaku muncul lagi dengan motor dan jaket yang sama,” papar Kapolsek.

Benar saja, ketika hendak keluar dari Mall, pelaku menggasak satu buah helm merk Ink yang berada di samping motornya. Pelaku memasukkan helm tersebut ke dalam jok sepeda motor miliknya.

“Setelah dihentikan oleh pihak keamanan dan terbukti, maka diserahkan kepada kita,” katanya.

AR mengaku terpaksa mencuri helm lantaran kondisi ekonomi keluarganya. Dia mengaku uang hasil penjualan helm digunakan untuk membayar SPP sekolah. Helm hasil curian ini kemudian dijual oleh pelaku melalui situs jual-beli online.

“Pelaku masih anak-anak, sehingga kita beri pengarahan dan kita serahkan kepada orang tua, lantaran kerugian yang diderita tak mencapai batas minimal Rp 2,5 Juta. Namun jika terulang kembali, akan kami tindak karena sudah termasuk residivis pencurian,” tegas Kapolsek.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge