0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkab Segera Bangun Pasar Darurat

Sisa-sisa kebakaran Pasar Karangpandan (nanang rahadian)

Karanganyar – Pemerintah Kabupaten Karanganyar akan segera membangun pasar darurat untuk menampung pedagang Pasar Karangpandan yang mengalami kebakaran Rabu (6/4) dinihari. Lokasi pasar darurat rencananya  akan dibangun di sebelah utara Pasar Karangpandan.

”Segera mungkin pasar darurat akan dibangun agar bisa digunakan pedagang. Karena kalau tidak segera jualan, pedagang akan lebih merugi,” jelas Bupati Karanganyar Juliyatmono, Jumat (8/4).

Dijelaskan, Bupati jumlah pedagang yang kiosnya terbakar akan segera didata. Meliputi pedagang pemilik kios maupun pedagang oprokan yang menempati los. Dia meminta Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan UMKM untuk segera mengumpulkan pedagang untuk didata.

”Data pedagang kios maupun los sesegera mungkin dilakukan untuk merencanakan luasan pasar darurat yang akan dibangun,” katanya.

Terkait dengan pendanaan pembangunan pasar darurat, pihaknya akan mengambil dana tanggap bencana. Selain itu, pedagang akan diberi santunan sebagai bentuk empati. Berapa jumlahnya, bupati belum menjelaskan secara rinci.

”Sebagai langkah awal, sisa kebakaran ini harus dibersihkan lebih dulu. Barang-barang material di bangunan dua los akan diproses penghapusan aset dan kita lelangkan. Sehingga segera bisa dibangun kios baru,” imbuhnya.

Sementara itu sejumlah pedagang masih berusaha mencari barang-barang yang selamat dari amukan api. Larti (36) salah satu pedagang mengungkapkan, pedagang menunggu uluran tangan dari pemerintah. Seluruh dagangan sudah habis terbakar. Padahal kios yang terbakar tersebut satu-satunya sumber penghasilannya.

”Usahanya ya  hanya di kios ini mas. Dagangan habis dan modal juga habis,” keluh warga Karangpandan tersebut.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge