0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

DKP Bakal Tambah Lima TPS Mobile

Kepala DKP Solo Hasta Gunawan (dok.timlo.net)

Solo – Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Solo akan menambah lagi Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Mobile di tahun 2016 ini. Penambahan dilakukan lantaran pengangkutan sampah di sejumlah kelurahan belum maksimal karena luas wilayah yang terlalu besar.

“Beberapa kelurahan memang membutuhkan tambahan TPS mobile karena armada yang ada sekarang tidak cukup untuk mengangkut sampah maksimal,” kata Kepala DKP, Hasta Gunawan, Jumat (8/4).

Data dari pengajuan kelurahan, Kota Solo membutuhkan setidaknya 10 unit TPS mobile tambahan. Namun, untuk sementara ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo baru mengadakan lima unit. Rencananya, lima unit tersebut akan ditempatkan ke kelurahan-kelurahan yang membutuhkan seperti Sangkrah, Laweyan, Mojosongo, dan Sriwedari.

“Ada yang dapat satu unit, ada yang dua. Kita lihat dulu nanti kebutuhannya seperti apa,” kata dia.

Saat ini, proses pengadaan sendiri masih ditangani pihak Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Solo. Ia berharap TPS mobile dapat segera terealisasi agar efisiensi pengangkutan sampah dapat segera ditingkatkan.

“Sampai sekarang masih kita evaluasi terus. Mana kelurahan yang sudah bagus, mana yang sebenarnya masih bisa ditingkatkan, mana yang benar-benar membutuhkan tambahan,” kata dia.

Terpisah, Lurah Sangkrah, Singgih Bagjono mengatakan, selama ini Kelurahan Sangkrah hanya memiliki 1 unit TPS mobile. Sementara itu, wilayahnya cukup luas dan padat. Sehingga harus mengajukan tambahan lagi.

“Setiap hari TPS mobile kita sampai dua atau tiga kali bolak-balik ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Putri Cempo. Itu pun dalam kondisi melebihi kapasitas sampai bak belakangnya itu kita tinggikan,” terangnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge