0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

2017, Semua Sekolah di Solo Diminta Laksanakan UNBK

Ketua Komisi IV DPRD Solo, Hartanti (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Komisi IV DPRD Solo mendorong seluruh SMA/SMK di Kota Solo melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mulai tahun depan (2017). Padahal, tahun ini masih terdapat 35 sekolah yang masih menggunakan ujian tertulis dengan berbasis paper base test (PBT).

“Tahun depan diharapkan semua sekolah dapat menjalankan UNBK,” ujar Ketua Komisi IV DPRD Solo, Hartanti, Jumat (8/4).

Di Kota Solo, terdapat 48 sekolah yang telah menjalankan UNBK sejak tahun 2015 kemarin. Sedangkan, 35 sekolah masih menjalani ujian dengan kertas lantaran keterbatasan fasilitas. Menurut politisi PDIP ini, untuk kesiapan UNBK tahun depan pihak sekolah harusnya telah membuat persiapan di tahun ini (2016) dengan mengajukan anggaran pengadaan komputer.

“Ada beberapa sekolah yang belum siap, sehingga belum mengajukan bantuan komputer. Kalau mengajukan, kami yakin pemerintah pusat akan menyetujui,” terang Hartanti.

Guna mempercepat hal tersebut, pihaknya berencana berkomunikasi dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) terkait alokasi dana pengadaan komputer di APBD Perubahan 2016.

Sementara, anggota Komisi IV, M Al Amin menilai bantuan komputer belum sepenuhnya merata di Kota Solo. Dia menyebut sekolah negeri seperti SMKN 3 Solo belum mendapat bantuan komputer hingga sekarang. Kekurangan komputer membuat sekolah harus menggelar UNBK dengan sistem shift.

“Padahal sekolah itu sudah dua tahun ini melaksanakan UNBK,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge