0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peruri Beli Mesin Baru dari AS

ilustrasi rupiah (merdeka.com)

Timlo.net – Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) membeli mesin cetak uang yang baru meminimalisir angka kerusakan pada produksi cetak uang.

Direktur Umum Peruri Prasetio menjelaskan, pembelian ini sesuai dengan target yang diberikan Bank Indonesia sebagai pemesan terbesar untuk menekan tingkat kerusakan di bawah 5 persen. Pihaknya menargetkan dapat menekan potensi cacat produksi hingga 3-4 persen.

“Dan kami bisa buktikan. Ke depan akan lebih rendah lagi seiring adanya mesin percetakan baru yang lebih canggih,” katanya, Kamis (7/4).

Prasetio menambahkan, mesin cetak dengan teknologi lebih canggih ini sudah datang sejak tahun lalu. Mesin baru ini disebut mempunyai kemampuan mendeteksi produksi cacat tanpa harus menunggu kontrol kualitas di akhir skema produksi.

“Sistem pendeteksian uang yang rusak atau cacat itu bisa lebih awal lagi. Karena alat ini lebih canggih dengan adanya camera inspection dari mesin itu,” ujarnya.

Selanjutnya, Prasetio mengungkapkan satu mesin asal Amreika itu dapat mengurangi 20 persen beban produksi saat ini serta meingkatkan kapasitas yang ada.

“Sehingga ada tambahan 200 juta bilyet lebih tinggi menjadi 1,2 milar bilyet uang kertas yang dicetak. Bahkan waktunya lebih sedikit 1,5 bulan,” jelas dia.

[bim]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge