0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Timbulkan Bau, Pasar Ternak Sunggingan akan Dipindah

Pasar Ternak Sunggingan Boyolali (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Rencana Pemkab Boyolali merelokasi Pasar Ternak Sunggingan, mendapat respon positif dari warga yang bermukim di seputaran pasar. Mereka sepakat agar pasar ternak tersebut segera dipindah ke lokasi lain.

“Kalau pas pasaran Pahing, bau kotoran hewan sampai ke pemukiman warga,” kata Sri Rahayu (50) warga Perumahan Singkil, Karanggeneng, Boyolali Kota, Kamis (7/4).

Selain sangat dekat dengan pemukiman warga, menurut Sri Rahayu, pasar juga dekat dengan rumah sakit. Pihaknya tidak menolak keberadaan pasar ternak, namun sangat mendukung rencana pemerintah yang akan melakukan relokasi. Warga juga menyambut baik rencana pembangunan taman di bekas pasar ternak.

“Di sini minim ruang publik. Kalau ada taman, tidak perlu lagi refreshing ke luar kota, hemat biaya,” tambahnya senang.

Dukungan relokasi pasar ternak juga muncul di kalangan pedagang sapi. Salah satunya, Haryanto (47) warga Desa Jelok, Kecamatan Cepogo. Ia berharap pasar ternak Sunggingan dipindah ke wilayah Cepogo. Keberadaan pasar ternak di Cepogo akan memangkas biaya transportasi, apalagi banyak pedagang dan peternak sapi dari wilayah Cepogo yang beraktivitas di Pasar Ternak Sunggingan.

“Kalau nanti direlokasi ke wilayah barat, biaya transportasi lebih ringan,” tambahnya.

Anggota DPRD Boyolali, Agus Wiyono, menilai pasar ternak Sunggingan saat ini sudah tidak representatif. Meski pihaknya belum mengetahui pasti lokasi relokasi, namun dari informasi yang berkembang, kemungkinan di Kecamatan Musuk dan Cepogo.

“Musuk dan Cepogo sangat berpotensi, tapi itu menjadi kewenangan Pemkab,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge