0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kebakaran, Kerugian‪ Pedagang Pasar Karangpandan Capai Rp 800 Juta

Pedagang mengais sisa kebakaran (foto: Nanang)

Karanganyar – Kerugian yang diderita pemerintah akibat kebakaran yang melanda Pasar Karangpandan diperkirakan mencapai Rp 800 juta. Namun perkiraan tersebut belum termasuk kerugian ratusan pedagang yang barang dagangannya ikut terbakar.

”Kerugian dari dua bangunan los itu sudah Rp 800 juta. Untuk kerugian pedagang belum dihitung secara rinci,” kata Sarno, Kepala Pasar Karangpandan, Rabu (6/4).

Sarno mengatakan, dari pendataan sementara, total ada 198 kios yang terbakar. Meliputi empat kios milik dinas pasar, 108 kios pedagang, 86 kios tambahan, dan ruang loket. Selain itu, dua bangunan los yang ditempati pedagang tersebut rusak.

Hingga pagi, pedagang masih mengais barang-barang yang tersisa. Isak tangis pedagang juga mewarnai kebakaran itu.

Sejumlah pejabat turut mengecek kondisi pasar setelah kebakaran. Mulai dari Bupati Juliyatmono, Wakil Bupati Rohadi Widodo, Kepala Disperindagkop Larmanto, hingga sejumlah anggota DPRD Karanganyar.

Sementara itu Karjo (48) Ketua Himpunan Pedagang Pasar Karangpandan mengatakan, kebakaran diduga berasal dari korsleting listrik di salah satu los pakaian. Api dengan cepat menjalar ke blok kios pakaian. Informasi lain menyebutkan kebakaran api dari korsleting di los pedagang kerupuk.

”Api pertama kali diketahui mbah Reso Simin yang berjualan makanan di dekat blok pakaian. Api kemudian membesar dengan cepat,” kata Karjo.

Api sulit dijinakkan karena kios berisi pakaian. Selain itu, relawan sempat kesulitan memadamkan api karena hidran macet.

Enam mobil pemadam kebakaran (PMK) ditambah dua mobil tangki belum cukup untuk menjinakkan api. Relawan kemudian meminta bantuan kepada truk tangki air milik perorangan untuk menyuplai air ke mobil pemadam kebakaran (PMK). Setelah berjibaku lebih dari dua jam, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 04.00 WIB.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge