0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Google Doodle Rayakan 120 Tahun Olimpiade Modern Pertama

Google doodle Olimpiade modern pertama. (Dok: Timlo.net/ Google.)

Timlo.net—Google merayakan ulang tahun ke-120 dari Olimpiade modern pertama dengan doodle dari empat pemandangan berbeda dari kompetisi olahraga itu. Olimpiade saat ini dianggap sebagai event olahraga paling prestisius di dunia. Para atlit elit akan bertarung memperebutkan medali di 306 event dalam 28 cabang olahraga di Olimpiade Musim Panas 2016 di Rio de Janeiro, Brazil.

Olimpiade modern pertama digelar pada 1896. Awalnya kompetisi itu secara resmi dikenal sebagai the Games of the I Olympiad. Para peserta berkompetisi di dalam the Panathenaic Stadium di ibu kota Yunani, Athena.

“Olimpiade 1896 meliputi 9 olahraga berbeda dan 43 event. Pertandingan lari marathon sendiri memiliki jumlah atlet internasional terbanyak yang berkompetisi,” tulis Google.

“Hal lain yang berkesan adalah pemenang marathon, Spyridon ‘Spyro’ Louis, satu-satu pemenang dari Yunani di divisi atletis, dan seorang pahlawan nasional dari negara tuan rumah. Kemenangan monumentalnya pada hari bersejarah itu terus menimbulkan rasa bangga di hati para penduduk Yunani,” tambah Google.

Doodle kali ini didesain oleh Olivia Huynh dan menunjukkan empat adegan berbeda dari event itu. Setiap doodle bisa terlihat dengan memuat ulang halaman utama Google. Setelah Olimpiade modern pertama yang digelar 120 tahun lalu, dunia terus menggelar kompetisi itu setiap empat tahun sekali kecuali pada 1940 dan 1944 karena Perang Dunia II. London menjadi satu-satunya kota yang menjadi tuan rumah untuk tiga Olimpiade.

Olimpiade Musim Panas di Rio, Brazil menandai kali pertama turnamen itu digelar di kota di Amerika Selatan. Seperti versi modern, Olimpiade Kuno juga merupakan turnamen yang diadakan setiap empat tahun yang dimulai sekitar 776 SM. Olimpiade ini digelar untuk menghormati Zeus dan diadakan di Olimpia.

Tidak seperti sekarang ini, para pemenang kala itu tidak menerima medali. Tapi, para pemenang memperoleh mahkota daun dan disambut sebagai pahlawan saat pulang ke rumah, karena telah memberikan kebanggaan untuk kota mereka.

Sumber: IBTimes.co.uk

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge