0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ikut Ujian Dapat Uang Transport, Ini Alasannya

Peserta ujian paket C 2016 yang berlangsung di SMP 1 Muhammadiyah Klaten (aditya wijaya)

Klaten — Dinas Pendidikan (Disdik) Klaten memberikan uang pengganti transportasi kepada peserta Ujian Nasional Program Kesetaraan (UNPK) atau Paket C 2016. Selain itu, Disdik juga memberikan fasilitas lain agar target kehadiran peserta mengikuti ujian setara SMA/SMK itu mencapai 100 persen.

“Yang sudah bekerja akan diberikan transport Rp 50 ribu per hari. Itu anggarannya dari APBD,” tutur Kabid Pendidikan Nonformal Dinas Pendidikan (Disdik) Klaten, Liestyawati, Selasa (5/4).

Fasilitas tersebut, dijelaskan, berangkat dari pengalaman penyelenggaraan ujian paket C tahun 2015. Para peserta yang didominasi berstatus pekerja, buruh, atau karyawan swasta itu memilih tidak mengikuti ujian lantaran takut dipotong gajinya. Sehingga tingkat kehadiran hanya mencapai 80 persen.

“Mulai tahun ini, bagaimana kalau diberi uang pengganti transport Rp 50 ribu. Alhamdulillah, ujian kemarin (Senin,4/5) hadir 100 persen,” kata dia saat dihubungi wartawan.

Selain uang transport, pihaknya juga menyediakan fasilitas alat tulis sekolah (ATK), surat dispensasi, dan nasi kotak makan siang. Adapun total peserta ujian yang berlangsung di SMP 1 Muhammadiyah Klaten, Senin-Kamis (4-7/4) itu diikuti 225 peserta didik dari enam pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM).

“Ini kita fasilitasi agar semua wajib belajar sukses 12 tahun atau minimal ijasah sederajat SMA. Kita kejar target (100 persen) sehingga berkomitmen untuk memfasilitasinya. Dibandingkan tahun lalu, ada 20 persen tidak hadir karena berbagai alasan seperti boro (bekerja merantau),” ucap Liestyawati.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge