0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pengangguran Ini Nekat Njambret

Tersangka curat (heru murdhani)

Solo — Petugas dari Polsek Laweyan Solo mencokok seorang tersangka penjambretan yang telah berkali-kali beraksi di wilayah hukum Polresta Solo. Pria yang lalu diketahui bernama AF (25) ini ditangkap di rumahnya di kawasan Mojosongo, Jebres, pada Minggu (3/4).

“Tersangka kita tangkap tanpa perlawanan di rumahnya, namun saat ini kami masih mengejar satu tersangka lain yang menjadi rekan AF dengan inisial A,” papar Kapolsek Laweyan, Kompol Agus Puryadi, Senin (4/4).

Dikatakan, tersangka penjambretan ini juga masih dikembangkan dalam penyelidikan jaringan penjambret yang diotaki oleh tersangka. Jaringan jambret ini beraksi secara berkelompok, dan individual.

“Dari hasil penyelidikan, berdasarkan pesan singkat yang ada di telepon genggam tersangka, ada kemungkinan tersangka mengembangkan jaringan penjambret di kawasan eks karesidenan Solo,” paparnya.

Tersangka AF mengaku menjambret untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Pria pengangguran ini mengatakan, dirinya baru pertama kali ini berurusan dengan penegak hukum.

“Baru pertama kali ditangkap, saya juga baru pertama kali menjambret,” katanya mengelak.

Akibat perbuatannya tersebut, tersangka dikenakan pasal 363 KUHP, tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.

Ditambahkan, selama ini tingkat kasus penjambretan di wilayah kecamatan Laweyan cukup tinggi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya laporan yang masuk ke unit pengaduan Polsek Laweyan.

Bahkan, kata Agus, peristiwa penjambretan ini terjadi tak hanya di ruas jalan utama, tetapi juga di kampung-kampung. Biasanya penjambret mengincar sasaran seorang wanita dengan menggunakan tas jinjing atau tas selempang.

“Nah, justru kecenderungan yang terjadi saat ini, penjambret menghindari beraksi di jalan-jalan besar, dan lebih memilih jalan kampung. Karenanya memang kita perlu meningkatkan kewaspadaan dan patroli keamanan,” imbuh Agus.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge