0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kenapa Ada Lubang Kecil di Jendela Pesawat Terbang?

Jendela pesawat. (Dok: Timlo.net/ Mirror.co.uk)

Timlo.net—Jika Anda pernah mengamati jendela pesawat saat pesawat lepas landas, Anda akan melihat sebuah lubang kecil di jendela. Lubang kecil ini terlihat seperti sebuah tambahan yang aneh untuk pesawat. Tapi sebenarnya lubang ini memiliki sebuah peran yang sangat penting: mencegah kabin pesawat mengurangi tekanan udara.

The Federal Aviation Administration (FAA) menjelaskan kepada Tech Insider jika lubang itu digunakan untuk mengatur tekanan udara. Saat pesawat mulai naik tinggi, tekanan udara di luar pesawat turun dengan cepat dibandingkan tekanan udara di dalam kabin.

Perbedaan tekanan di antara keduanya menimbulkan tekanan fisik di jendela, yang dibuat dari tiga lembar kaca. Ada sebuah celah udara di antara lembar kaca di tengah dan di luar. Lubang kecil itu terletak di bagian tengah.

Lubang ini disebut “breather” atau “bleed hole” dan berguna untuk menyeimbangkan tekanan di antara kabin dan celah udara. Lembaran kaca di luar jendela berguna untuk menahan tekanan. Sementara lembaran tengah bertindak sebagai pengaman jika seandainya lembaran kaca luar gagal.

Lubang kecil ini memiliki peran lain yaitu mengeluarkan kelembapan dari celah untuk mencegah jendela berkabut atau membeku.

 

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge