0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penderita Autis Meningkat, RSJD Tingkatkan Edukasi Kepada Masyarakat

Kepala Instalasi Kesehatan Jiwa Anak dan Remaja, RSJD Arif Zainudin Solo, Maria Rini (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Jumlah anak penderita autis di wilayah Soloraya terus meningkat setiap tahun. Untuk menangani hal itu, Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Arif Zainudin Solo terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, agar anak yang bersangkutan mendapat penanganan yang memadai.

“Jika tahun lalu hanya sekitar dua anak perhari, sekarang ini yang datang untuk konsultasi ke RSJD meningkat menjadi 4-5 anak per hari,” ujar Kepala Instalasi Kesehatan Jiwa Anak dan Remaja RSJD Arif Zainudin Solo, Maria Rini kepada wartawan, Minggu (3/4).

Dikatakan dia, penyebab anak mengalami autis karena akibat dari ganguan neuro developmental. Faktor penyebabnya ada beberapa hal, seperti kebocoran usus selama proses kehamilan, termasuk tertular virus selama dalam kandungan.

“Sehingga autis bukan terjadi karena pola asuh. Oleh karena itu edukasi kepada masyarakat terus kita lakukan, agar si anak yang menderita autis bisa segera mendapatkan perawatan yang memadai,” jelasnya.

Maria juga menyampaikan, untuk mendeteksi anak penderita autis bisa dilakukan sedini mungkin. Karena tanda-tandanya sudah mulai nampak sejak umur di bawah tiga tahun. Dimana proses perkembangan si anak biasanya berbeda dengan yang terjadi pada umumnya.

“Semakin dini mendapat perawatan, tentu akan semakin baik buat perkembangan si anak. Mengingat kebanyakan kasus yang terjadi, kondisi autis anak semakin parah lantaran tidak pahamnya pola asuh orang tua,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge