0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wacanakan Penerapan Jalan Searah 24 Jam Penuh

Skema penerapan rute jalan satu arah di Solo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo mewacanakan perubahan 24 jam di seluruh jalan satu arah. Upaya ini digagas untuk mengantisipasi hal tidak diinginkan yang terjadi di kawasan jalan searah.

“Selama ini kan jalur searah diatur berdasarkan waktu semisal antara pukul 06.00-18.00 atau dari mulai pukul 06.00-22.00. Rencananya, kedepan akan dibuat selama 24 jam untuk searah,” kata Kepala Dishubkominfo Solo, Yosca Herman Sudrajat, baru-baru ini.

Hingga saat ini, pihaknya masih melakukan kajian mendalam terkait penerapan kebijakan tersebut. Menurutnya, dengan dibuat searah selama 24 jam tingkat kecelakaan kendaraan akan menurun. Disisi lain, kebiasaan pengguna kendaraan saat melewati kawasan tersebut juga tidak berubah-ubah.

“Contohnya Jalan Slamet Riyadi, di atas jam 22.00 kendaraan yang dari arah timur kebarat harus ekstra hati-hati. Meski menurut peraturan mereka benar, namun terkadang kendaraan dari sisi barat tidak sadar kalau jam 22.00 ke atas Jalan Slamet Riyadi ini dibuka untuk dua arah,” terang Yosca.

Selain itu, lanjut Yosca dengan penerapan selama 24 jam juga memudahkan pengawasan kendaraan dari pihak terkait dalam memantau arus lalu lintas. Sehingga, jika terjadi hal tidak diinginkan dapat segera ditangani.

“Coba bayangkan, kalau terjadi kecekaan di Jalan Slamet Riyadi saat tengah malam siapa yang bertanggung jawab?. Pastinya kami yang akan disalahkan,” terang Yosca.

Sementara itu, Kasi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas, Ari Wibowo mengatakan, penerapan tersebut masih dalam tahapan kajian. Jika nantinya, hasil kajian diperoleh anjuran untuk menerapkan jalan searah selama 24 jam maka akan dilakukan sosialisasi secara bertahap.

“Memang sangat membahayakan jalur searah dibuat dua arah pada  jam-jam tertentu,” jelas  Ari.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge