0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang UN, Begini Tanggapan Sejumlah Siswa dan Masyarakat

Coretan para siswa di CFD menjelang UN (timlo.net/achmad khalik)

Solo – Ujian Nasional (UN) menjadi momok bagi sebagian siswa. Meski mulai sekarang nilai UN bukan menjadi penentu utama kelulusan sekolah. Namun hal itu masih dirasa sebagai ujian akhir yang menentukan masa depan. Ini terlihat dari sejumlah tulisan yang ditorehkan diatas spanduk berukuran panjang 10 meter dan lebar satu meter yang dibentangkan di car free day (CFD) Jalan Slamet Riyadi Solo, Minggu (3/4) pagi.

“Memang sih, sekarang UN bukan menjadi penentu utama kelulusan. Tapi, kita harus tetap sungguh-sunggu mengerjakan. Jadi ada rasa deg-degan juga,” kata Yuli Pujiastuti (18).

Menurut siswi SMA Negeri 4 Solo ini, UN menjadi evaluasi dari seluruh materi yang telah diajarkan selama tiga tahun terakhir. Sehingga, jika para siswa dengan serius belajar dan menyerap materi yang diajarkan oleh sang guru maka tidak usah khawatir untuk menghadapi UN.

“Tapi ada juga kan, yang belajar terus-terusan mendekati UN. Padahal, UN merupakan ujian dari seluruh materi yang diajarkan. Kalau kita paham, maka kita gak usah takut menghadapi UN besok itu,” terang Yuli.

Sementara itu, siswi lain Titania Christabella (17) mengaku, dalam menghadapi UN harus tenang dan memperbanyak usaha dan doa. Karena, kunci dari mengerjakan soal UN adalah dengan ketenangan dan mempelajari seluruh materi yang telah diajarkan.

“Kalau berdoa sudah dilalui, tinggal kita usahanya seperti apa. Bisa dengan belajar atau mengevaluasi materi yang telah diperoleh,” ujarnya.

Pantauan Timlo.net, masyarakat menuliskan sejumlah kata-kata semangat bagi para pelajar SMA/SMK yang akan mengikuti UN besok. Salah satunya adalah dengan menjunjung tinggi kejujuran. Supaya nantinya, jika mereka menjadi pemimpin maka senantiasa jujur dalam menjalakan amanah.

“Jujur UN, Jujur jadi pemimpin,” tulis Mulyono

Sejumlah masyarakat memberikan semangat bagi para pelajar yang besok menghadapi UN.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge