0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pengawalan Soal UN Tidak Seketat Tahun Lalu

Solo – Soal Ujian Nasional Berbasis Kertas (UNBK) untuk SMA/SMK/MA sudah tiba di Solo. Saat ini semua soal dititipkan di SMK Negeri 2 Surakarta.

“Sampai Solo jam 03.00 WIB dinihari tadi dengan pengawalan dari Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Solo, Etty Retnowati, Sabtu (2/4).

Sebelumnya, Pihak Disdikpora berasama perwakilan sekolah pelaksana UNBT berangkat ke Kudus untuk mengambil soal-soal itu. Setelah sampai di SMKN 2 Surakarta, soal-soal tersebut diserahterimakan kepada Kepala Sekolah setempat.

Menurut data Disdikpora Solo, jumlah sekolah pelaksana UNBT ada 15 Sekolah Menengah Atas (SMA), 19 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), 6 Madrasah Aliyah (MA). Peserta UNBK di sekolah-sekolah tersebut hanya 1.477 atau 20 persen dari total peserta UN. Sedangkan 80 persen sisanya akan menjalani Computer Based Test (CBT).

“Karena jumlah soanya sedikit, pengawalannya tidak seketat tahun-tahun sebelumnya,” kata dia.

Sementara itu, Humas SMKN 2 Surakarta, Muh. Kasmadi menyebutkan saat ini soal-soal tersebut disimpan di ruang kurikulum SMKN 2 Surakarta. Rencananya, besok pagi sub-sub rayon SMA, SMK, MA, dan SMALB akan mengambil ke SMKN 2 untuk selanjutnya dibagikan ke sekolah-sekolah.

“Untuk pengamanan, di sini biasa saja. Kan sekarang ada cctv yang langsung mengawasi ruangan itu. Kalau ada apa-apa tinggal kita lihat bersama-sama,” kata dia.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge