0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jaringan Irigasi 25 Kecamatan di Klaten Rusak

Kepala Bidang Sumber Daya Air DPU dan ESDM Klaten, Pramana Agus Wijanarka (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Dinas Pekerjaan Umum Energi dan Sumber Daya Mineral (DPU ESDM) Klaten bakal melakukan perbaikan jaringan irigasi yang tersebar di 25 kecamatan. Pasalnya, banyak ditemukan jaringan irigasi primer dan sekunder itu dalam kondisi rusak.

“Ada 58 titik jaringan irigasi yang direhabilitasi dan tersebar di 25 kecamatan, kecuali Kemalang. Itu kita yang sekunder dan primer, kalau tersier Dinas Pertanian,” ujar Kepala Bidang Sumber Daya Air (Kabid SDA) DPU dan ESDM Klaten, Pramana Agus Wijanarka, Jumat (1/4).

Dari jumlah itu, diterangkan, anggaran perbaikan sebanyak 51 titik bersumber dana alokasi khusus (DAK) Infrastruktur Publik Daerah sebesar Rp 17,46 miliar. Sedangkan tujuh titik sisanya dana pendamping bersumber dari APBD Rp 800 juta.

Ditambahkan, kerusakan sarana irigasi sekunder dan primer mencapai 40 persen. Kerusakan disebabkan faktor usia yang sudah dibangun sejak lama, bencana alam, hingga ulah manusia itu sendiri.

“Banyak sekali jumlahnya. Kerusakan sarana irigasi 40 persen, sedangkan bendung sampai 600-an. Kalau ulah manusia itu seperti dibolongi agar aliran air masuk ke wilayahnya. Saat ini sudah ada lima paket dari 24 yang masuk lelang umum. Pekan depan yang lima itu mudah-mudahan sudah diupload di website ULP (Unit Layanan Pengadaan),” tambah Pramana.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge