0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jadi Sumber Rejeki, Warga Logede Dirikan Bank Sampah

Warga Desa Logede, Kecamatan Karangnongko, Klaten tengah menimbang sampah di Bank Sampah Sumber Rejeki. Dok foto istimewa (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Masyarakat Dukuh Logede, Desa Logede, Kecamatan Karangnongko, Klaten mengembangkan pengelolaan sampah melalui Bank Sampah Sumber Rejeki. Agar bernilai ekonomis, bank sampah diharapkan membantu mencukupi kebutuhan sehari-hari warga.

“Diharapkan warga yang memiliki sampah berupa kardus, botol bekas, atau yang bisa diolah kembali menjadi nasabah bank sampah. Caranya dengan menyetor sampah tersebut untuk menjadi tabungan mereka. Setelah enam bulan, tabungan sampah bisa dicairkan,” ujar Koordinator Bank Sampah Sumber Rejeki, Supardi, Sabtu (2/4).

Ditambahkan, bank sampah dirintis sejak awal Februari silam, kemudian mulai dilauching Rabu (30/3) lalu. Merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) di bidang lingkungan oleh PT Sarihusada Generasi Mahardhika dengan lembaga kemanusiaan Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) Yogyakarta.

Sementara, Camat Karangnongko Jaka Supriyanta berharap, kehadiran Bank Sampah Sumber Rejeki menjadi cambuk berdirinya bank sampah di 13 desa lainnya yang ada di Kecamatan Karangnongko. Pihaknya mengapresiasi perhatian sektor swasta terhadap pemberdayaan masyarakat Desa Logede.

“Selain lingkungan jadi bersih, sehat, juga menambah pendapatan masyarakat,” tutur dia.

Hal senada juga disampaikan Public Relations Manager Sarihusada, Endah Prasetioningtias. Diterangkan, fokus program meningkatan kualitas kader kesehatan berupa pendampingan Forum Kesehatan Desa yang telah dibentuk. Program tersebut akan dijalankan dalam tiga tahun.

“Tujuan dai program ini adalah peningkatan kualitas kesehatan ibu dan anak melalui kader kesehatan yang berkualitas. Namun keberhasilan program ini tentu saja memerlukan kerjasama yang baik antara penyelenggara dan pendamping program, masyarakat penerima manfaat, serta pemerintah setempat,” terang Endah.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge