0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

TimloMagz

Emi Yuniawati, 16 Tahun Setia Memasarkan Ganep

Emi Yuniawati (foto: David)

Solo — Jadikanlah pekerjaanmu itu sebuah hobby, maka kau tidak akan merasa bekerja seumur hidupmu.

Perkataan bijak itu cocok jika disematkan kepada diri Emi Yuniawati, Marketing Manager Roti Ganep. Meski berawal dari ketidaksengajaan, perempuan yang mengawali karir sebagai party consultant ini akhirnya mengaku jatuh cinta pada dunia marketing.

“Saya bergabung dengan Roti Ganep sejak tahun 2000, dan saya menggeluti dunia marketing dan pemasaran untuk roti legendaris ini,” ungkapnya mengawali perbincangan dengan Timlo Magz.

Tak menempuh pendidikan formal di bidang ekonomi, tak membuat Emi kecil hati. Saat dirinya ditawari menjadi marketing manager 16 tahun silam, dirinya langsung tancap gas dengan belajar bidang baru ini.

“Saya pikir saat itu ini perusahaan yang sudah tua, sudah kuno, dengan pekerja yang sangat loyal terhadap perusahaan, karenanya saja jadi tertantang dan bertahan disini sampai sekarang,” kata dia.

Pembenahan manajemen dilakukan oleh seorang Emi Yuniawati. Langkah ini dirasa perlu, lantaran pada saat itu Roti Ganep tinggal dikenal dari nama besar saja. Pembentukan tim marketing khusus ini digunakan untuk kembali mengenalkan produk roti Ganep yang unik. Selain itu, Emi juga membenahi keorganisasian perusahaan, sehingga alur kerja semakin jelas dan mantap.

“Kita berjalan terus saja, meskipun pelan. Karena bisnis apapun itu seperti sepeda, kalau tidak dikayuh dia akan jatuh. Kita harus tetap bisa menciptakan pasar, untuk bisa tetap menerima keunikan kita dan style kita,” kata ibu dua anak ini.

Alih-alih mengembangkan jenis roti masa kini seperti kompetitor yang lain, Emi justru memilih mempertahankan resep ratusan tahun dalam pembuatan kue. Pilihan ini menimbulkan roti Ganep memiliki keunikan yang tak didapatkan pada toko roti lain.

“Kita punya prinsip Lokal, Tradisional, dan Sehat. Ini selalu kita pegang dalam pengembangan produk kita. Karenanya kita tetap menggunakan bahan-bahan tradisional seperti tepung Garut dan Ketan, ini untuk menjaga orisinalitas produk-produk roti Ganep,” katanya.

Meski mempertahankan konsep roti jadul, soal pemasaran, Emi mengusung konsep modern. Salah satunya dengan menggandeng perusahaan ekspedisi dalam memperluas daerah jelajah produk roti Ganep. Selain itu pemasaran dengan cara online juga dilakukan untuk menjangkau lebih banyak pasar di Indonesia.

“Berbelanja ke toko kami, tidak perlu repot membawa langsung. Untuk pelanggan luar kota yang berbelanja disini, belanjaan bisa langsung dikirim ke rumah dengan jasa pengiriman barang. Selain itu kita juga melayani penjualan kue melalui online. Ini merupakan keunggulan kita yang tak dimiliki kompetitor,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge