0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

TimloMagz

Cara Unik Ciptakan Makanan Penutup

Timlo.net – Menikmati makanan tak sekadar dari rasa, tampilan yang menarik pun mampu membangkitkan selera. Sebuah sentuhan pada kue red valvet yang biasa disajikan untuk merayakan ulang tahun, di tangan terampil seorang chef, terbukti bisa tampil begitu menggairahkan.

“Terkadang sampai ada yang tanya, bagaimana cara memakannya,” kata chef  Brian Wicaksono, saat berbincang dengan TimloMagz di Xocolatl Desserts, belum lama ini.

Brian menerapkan teknik descontructed dessert,  sebuah perlakuan terhadap makanan untuk ditata ulang dengan penampilan berbeda. Tentunya agar hasil yang didapatkan lebih menarik dari bentuk awalnya.

Seperti yang diterapkan pada kue red red valvet bernama Descontructed red valvet cake. Warna kue merah menyala ditambah es krim vanilla di bagian tengah dan hiasan menarik lainnya membuat penampilan sangat berbeda dari biasanya.

Brian yang pernah tampil di ajang pencarian bakat Master Chef  Indonesia #3 ini mengaku menggunakan trik khusus. Selain itu, sejumlah hiasan menarik seperti white coklat snow, cream cheese, raspberry gel, caramel cashew nuts dan garnish daun mint juga disertakan.

“Kalau dalam tampilan biasanya bahan-bahan ini tercampur jadi satu. Tapi dengan menggunakan teknik descontructed dessert dipisahkan, sehingga, menjadi sebuah bentuk tampilan baru,” jelas peraih juara II Master Chef  Indonesia #3.

Terkait bahan yang digunakan, lanjut Brian, dirinya menggunakan pilihan bahan khusus. Misalnya, white coklat snow yang dibuat dari Belgian white coklat yang di panaskan hingga meleleh dan dicampur menggunakan tepung tapioka dengan kadar seimbang.

Sedangkan, caramel cashew nuts dibuat dari campuran caramel dan kacang mete yang dioven dengan suhu tinggi hingga mengeras dan menciptakan rasa renyah. Untuk cream cheese, dirinya menggunakan bahan krim keju yang diblender hingga berubah bentuk.

“Untuk kreasi lainnya, ditambahkan raspberry gel, daun mint serta es krim vanilla di bagian tengah supaya rasa saat menyantap menciptakan sensasi lembut dan manis,” terang Brian.

Terkait rasa, Brian mengaku ada trik khusus dalam menikmati dessert dengan cara penyajian seperti ini. Yakni, dengan mencampur seluruh bahan-bahan yang disajikan. Sehingga, rasa yang diciptakan dalam mulut tercampur menjadi satu.

“Xocolatl Desserts House khusus untuk makanan penutup dengan bentuk kreasi yang unik. Saat bersantap di sini, orang selalu bangga mem-posting di media sosial, karya-karya yang kami ciptakan,” ungkap Brian.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge