0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dikpora Pastikan Infrastruktur UNBK Siap

Pemantauan persiapan UNBK di Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karanganyar memastikan seluruh infrastruktur yang akan digunakan untuk pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) siap. Meski demikian persiapan teknis masih terus dilakukan demi sempurnanya pelaksanaan ujian yang akan dimulai, Senin (4/4) mendatang.

“Koneksi internet, kesiapan jaringan antarkomputer, kapasitas bandwidth di tiap sekolah, kita pastikan tidak ada kendala,” kata Kabid Pendidikan Menengah Disdikpora Nur Hidayat, Jumat (1/4).

Nur Hidayat mengatakan, sekolah yang akan menyelenggarakan UNBK sudah dicek kesiapannya. Bahkan koneksi internet di sejumlah sekolah, sudah melebihi syarat minimal 2 Mbps. Bahkan ada sekolah yang koneksinya mencapai 10 Mbps, ada yang 25 Mbps.

“Sudah kita cek persiapannya, semuanya clear and clean,” katanya.

Dari simulasi upload data ke server pusat, sejauh ini juga sudah tidak ada kendala. Pada simulasi pertama, server pusat sempat down. Tapi sudah ada perbaikan di simulasi kedua. Sementara di simulasi ketiga lancar.

“Sehingga kami optimistis tidak ada masalah, saat nanti digunakan untuk upload data jawaban siswa ke server pusat. Ini vital, karena penilaian hasil ujian dilakukan di pusat,” jelasnya.

Untuk diketahui UNBK akan dilaksanakan enam hari untuk SMA, yakni 4-7 April dan 11-12 April, sementara untuk SMK dilaksanakan empat hari, 4-7 April. Total, ada 25 sekolah di Karanganyar yang melaksanakan UNBK, yakni 5 SMA negeri, 5 SMK negeri dan 15 SMK swasta.

Pelaksanaan UNBK bersamaan dengan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) untuk sekolah yang masih menyelenggarakan ujian secara konvensional. Pemantauan persiapan UNBK

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge