0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Leonardo DiCaprio Terancam Dideportasi oleh Pemerintah Indonesia

Leonardo DiCaprio. (Dok: Timlo.net/Instagram.)

Timlo.net—Aktor pemenang Oscard Leonardo DiCaprio memperoleh banyak pujian karena perjalanannya ke Taman Nasional Gunung Leuser di Aceh, Minggu (28/3). Kunjungan itu menolong menimbulkan kesadaran tentang keanekaragaman hayati juga ancaman perkebunan kelapa sawit dan penggundulan hutan yang mengancam ekosistem yang rapuh.

Akan tetapi beberapa pejabat di Indonesia rupanya kesal dengan DiCaprio dan kampanye lingkungannya. Mereka menuduhnya melakukan kampanye gelap untuk menjelekkan pemerintah dan industri kelapa sawit di negara itu.

Dan oleh karena itu, mereka mengancam untuk mendeportasi DiCaprio dari negara ini.

“Kalau ada pernyataan yang mendiskreditkan pemerintah maupun kepentingan Indonesia, dia bisa dideportasi. Karena dia sedang berada di Indonesia, Imigrasi punya hak mendeportasinya,” ujar Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Ronny F Sompie di Jakarta, kemarin dilansir dari Republika.

Ronny menambahkan jika Direktorat Jenderal Imigrasi akan mengawasi DiCaprio selama berada di Indonesia karena visanya hanyalah visa untuk wisata. Dia berkata jika aktor itu bisa dideportasi karena melanggar Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.
“Sehingga kalau dia berada di Indonesia untuk keperluan lain, dengan melakukan aktivitas yang mengganggu ketertiban umum maupun mengganggu kepentingan Indonesia, maka Imigrasi siap mendeportasi,” kata Ronny.

Belum ada keterangan resmi terkait apa yang dilakukan DiCaprio setelah perjalanannya ke Taman Nasional Gunung Leuser, Minggu. Tapi menurut Ronny, DiCaprio pergi ke Medan setelah kunjungan ke taman dan lalu pergi ke tujuan lain.

“Sekarang informasi yang saya terima dia sudah berada di Jakarta,” terang Ronny.

Akan tetapi, ada laporan jika DiCaprio sudah meninggalkan Indonesia. EcoWatch berkata jika tim aktor itu mengkonfirmasi jika bintang pemeran film “The Revenant” itu sudah meninggalkan negara ini. Jika hal ini benar, maka ancaman deportasi ini tidak berarti. Walaupun ada kemungkinan jika insiden ini dan komentar DiCaprio tentang industri kelapa sawit bisa membuat dia sulit masuk ke negara ini di masa mendatang.

Di sosial media, salah satunya di Instagram, DiCaprio menyebutkan ancaman perluasan industri kelapa sawit untuk ekosistem Leuser. Dalam tulisannya di Twitter, dia melink ke petisi di Change.org yang ditujukan untuk Presiden Joko Widodo. Petisi itu untuk mendesak presiden membatalkan rencana tata ruang yang bisa mengancam ekosistem di sana.

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge