0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Walikota Ajari Dewan Cara Tepuk Tangan ala KPK

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo saat membacakan nota penjelasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota di DPRD Solo (dok.timlol.net/achmad khalik)

Solo — Gelak tawa mewarnai Sidang Paripurna DPRD Kota Solo dengan agenda pembacaan nota penjelasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota tahun 2015 dan pengesahan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda), Kamis (31/3). Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo memberikan pelajaran kepada anggota dewan tentang cara yang benar bertepuk tangan versi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Tangan kanan di atas, tangan kirinya di bawah. Trus ditepukkan hingga berbunyi keras,” kata Rudy –sapaan akrab Walikota Solo, sembari memperagakan.

Sontak saja, seluruh ruangan di Graha Paripurna DPRD Solo pecah lantaran diminta langsung memperagakan bersama-sama. Ketua DPC PDIP Solo itu pun menjelaskan bahwa cara tersebut didapat setelah mengikuti pelatihan anti korupsi oleh KPK bersama 17 bupati dan walikota di Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

Sesuai dengan yang diajarkan KPK, Rudy menjelaskan bahwa cara tepuk tangan yang kebanyakan dilakukan kebanyakan orang saat ini dinilai salah karena posisi telapak tangan ditepuk dari arah kanan dan kiri, bukan arah atas dan bawah. Penempatan telapak tangan diatas menunjukkan bahwa kebenaran selalu diatas segalanya.

“Mari kita lakukan lagi bersama-sama,” kata Rudy yang kembali disambut riuh seisi ruangan.

Sebelum naik ke podium, sebenarnya Rudy sudah memberikan kode kepada peserta sidang paripurna untuk melakukan tepuk tangan secara benar. Sedikitnya terdapat 9 momen tepuk tangan dimana ia selalu mengangkat tangannya tinggi-tinggi untuk menunjukkan kepada peserta sidang paripurna.

Sembilan momen tersebut yaitu dua kali masing-masing ketika ia memulai dan selesai membacakan LKPJ. Kemudian enam kali saat pembacaan laporan pembahasan tiga Raperda dan sekali saat pimpinan sidang yang juga Ketua DPRD Solo, Teguh Prakosa mengetok palu untuk menerima LKPJ Walikota.  Namun kode yang diberikan Rudy tersebut tidak begitu dipahami oleh peserta yang hadir hingga akhirnya ia mengutarakan hal tersebut.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge