0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Laser Pengunjung Pantai Ganggu Penerbangan Bandara Ngurah Rai

Bandara ngurah rai bali ()

Timlo.net — Pihak Otoritas Bandar Udara (Otban) Wilayah IV Denpasar mempersoalkan penggunaan laser di setiap acara di Kuta dan wilayah Nusa Dua. Penggunaan laser dinilai sangat mengganggu penerbangan yang datang dan keluar pesawat di Bandara Internasional Igusti Ngurah Rai, Bali.

Kepala Otban Wilayah IV Denpasar, Yusfandri Gona menjelaskan, penggunaan laser itu kerap kali merusak pandangan para kru penerbangan. Menurutnya, cahayanya yang terlampau kuat, membuat para kru sulit melihat display ataupun visual penerbangan.

“Di tahun 2015, itu ada empat laporan yang masuk. Laser itu dipergunakan di Pantai Jimbaran, Nusa Dua, Tabanan, dan Seminyak,” kata Yusfandri di sela kegiatan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Bersama Masyarakat Desa Adat dan Kelurahan Dalam Rangka Perkuatan Keselamatan dan Keamanan Penerbangan Mengacu PM 127 dan 180 Tahun 2015 di Bandara Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Jumat (11/3).

Dia mengharapkan turun tangan pemerintah daerah dan juga para pimpinan desa adat terkait hal ini. Misalnya dengan cara membuat aturan pembatasan, dalam hal penggunaan ataupun kekuatannya.

“Kita tidak tahu kekuatan laser. Tapi makin ke sini, laser makin kuat dan jangkauannya makin jauh saja dan itu makin merepotkan kru penerbang pesawat. Utamanya pada saat take off dan landing. Laser memang bisa menarik perhatian, tapi di waktu yang sama juga sangat mengganggu penerbangan,” ujar dia.

Menurut dia, paling tidak penegasan mengenai hal tersebut bisa dilakukan pada wilayah-wilayah yang dilalui ketika take off dan landing. Baik itu penerbangan yang menggunakan runway 27 ataupun 09. Seperti halnya wilayah Benoa hingga Nusa Dua, Jimbaran, Kuta, Seminyak, dan Tabanan.

“Sebenarnya tidak hanya laser, juga permainan layang-layang, pelepasan lampion, dan penggunaan drone. Karena semua itu, dirasa berpotensi besar mengakibatkan gangguan terhadap penerbangan,” tandasnya.

[gil]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge