0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemerintah Harus Genjot Pertumbuhan Sektor Riil

Bandoe Widiarto (Setyo Pujis)

Solo – Ketidakpastian ekonomi global yang terjadi saat ini nampaknya masih akan membayangi stabilitas dalam negeri pada tahun depan. Untuk mengantisipasi hal tersebut upaya pemerintah untuk menggenjot pertumbuhan sektor riil dan keuangan menjadi keharusan yang harus dilakukan.

“Di sektor riil, industri nasional saat ini tengah menghadapi proses deindustrialisasi, pangsa industri pengolahan terhadap PDB terus turun, dari 29 persen pada tahun 2001 menjadi 23,7 persen pada tahun 2014,” ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Bandoe Widiarto kepada wartawan, Kamis (24/12).

Sedangkan di Jawa Tengah sendiri, menurutnya tidak jauh berbeda yaitu industri pengolahan mengalami stagnasi selama sepuluh tahun terakhir. Pangsa industri pengolahan terhadap PDRB berada pada rentang 32-33 persen.

“Oleh karena itu, kita perlu meningkatkan kapasitas industri pengolahan, baik industri berbasis domestik maupun industri berorientasi ekspor. Sehingga tidak bergantung pada ekspor sumber daya alam mentah yang bernilai tambah rendah,” jelasnya.

Sementara  di sektor keuangan, Bandoe menyampaikan jika perlu segera dirumuskan strategi untuk memperluas basis pembiayaan jangka panjang. Hal ini perlu dilakukan, agar sumber pembiayaan ekonomi tidak hanya terkonsentrasi pada kredit perbankan, tetapi juga tersebar pada instrumen pasar modal, terutama obligasi korporasi dan saham.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge