0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilkada Sragen, Aman To Ajukan Gugatan ke MK

Komisioner KPU Kabupaten Sragen, Dyah Nur Widowati. (dok.timlo.net/agung)

Sragen — Penetapan pasangan Bupati-Wakil Bupati Sragen hasil Pilkada 9 Desember lalu, yang direncanakan tanggal 22 Desember mendatang dipastikan bakal ditunda. Hal ini menyusul adanya gugatan Perselisihan Hasil Pemilu (PHP) ke Mahkamah Konstitusi (MK) yang diajukan pasangan Agus Fatchur Rahman-Djoko Suprapto (Aman To).

“Kita diberitahu bahwa ada permohonan gugatan MK untuk Pilkada Sragen yang diajukan sekitar pukul 12.00 WIB. Tapi materinya atau inti gugatannya soal apa, kami belum tahu,” kata  Komisioner KPU Sragen, Dyah Nur Widowati, Minggu (20/12).

Karena ada gugatan PHP di MK, maka jadual penetapan pasangan pemenang Pilkada terpaksa ditunda sampai ada putusan final dari MK.

Salah satu tim advokasi pasangan Aman To, Setyawan membenarkan, pihaknya megajuan gugatan PHP ke MK. Gugatan diajukan untuk menguji obyektivitas penyelenggara Pilkada, baik KPU ataupun Panwaslu.

Selain itu dengan diajukannya gugatan, diharapkan bisa diketahui apakah Pilkada telah digelar secara jujur, sekaligus mengetahui ada tidaknya indikasi terjadinya politik uang baik yang dilakukan paslon atau lewat botoh.

“Jadi bukan semata-mata soal angka dan menang kalah, tapi soal obyektivitas, kejujuran, sikap kesatria dan penghormatan kepada aspirasi rakyat,” kata Setyawan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge