0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

10 Bayi di Sragen Positif Mengidap AIDS

Kampanye Hari Anti AIDS Sedunia dan Hari Kesehatan di Car Free Day Sragen, Minggu (29/11) ()

Sragen– Jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Sragen sudah dalam kondisi yang memprihtinkan. Pada tahun 2015 ini, hingga bulan September, penderita AIDS di Sragen mencapai 78 orang. Para penderita AIDS itu merata mulai dari wiraswasta, ibu rumah tangga, pekerja seks komersial (PSK), PNS dan petani.

“Itu menyebar di 20 kecamatan. Tapi penderita itu memang didominasi para perantau , itu resikonya tinggi,” kata Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Sragen, Haryoto, Senin (30/11).

Yang lebih memprihatinkan, kata Haryoto, sudah ada 10 bayi di Sragen telah positif terjangkit AIDS. Bayi malang ini tertular AIDS dari ibunya yang diketahui positif AIDS ketika dilakukan pemeriksaan test VCT di rumah sakit ataupun Puskesmas.

Sementara dari data yang dimiliki KPA Sragen, jumlah total penderita HIV/AIDS di Bumi Sukowati sudah mencapai 378 orang. Pada tahun 2015 ini saja, hingga September ada 78 orang. Dari 378 tersebut yang berprofesi wiraswasta sebanyak 130 orang, ibu rumah tangga 85, PSK 36, PNS 2 orang, petani 2, karyawan 8, narapidana 9, sopir 9 dan mahasiswa 2 orang.

“Yang meninggal dunia telah mencapai 75 orang,” tambah Pengelola Program KPA Sragen, Wahyudi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge