0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gagal Panen, Ratusan KK Kismantoro Didrop 5,7 Ton Beras

Penyerahan simbolis bantuan beras PDRP BKP Propinsi Jateng yang diwakili Kepala KKP Wonogiri Stefanus Pranowo di Desa Lemahbang, Kismantoro (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri  — Sebanyak 610 kepala keluarga (KK) di Desa Lemahbang, Kecamatan Kismantoro, Wonogiri mendapatkan bantuan beras dari Badan Ketahanan Pangan (BKP) Propinsi Jawa Tengah melalui Kantor Ketahanan Pangan (KKP) Wonogiri.

“Karena gagal panen dan masih terjadi kekeringan menjadi alasan mendasar Desa Lemahbang, Kecamatan Kismantoro mengajukan bantuan beras ini,” ungkap Kepala KKP Wonogiri, Stefanus Pranowo, Senin (30/11)

Menurutnya, bantuan beras tersebut berasal dari APBD Propinsi 2015. Hal tersebut merupakan salah satu program Penanganan Darurat Rawan Pangan (PDRP) dari BKP Jateng.

“Total beras yang kami droping sebanyak 5,7 ton, yang kami analogikan untuk kebutuhan dalam satu KK sekitar empat jiwa  untuk konsumsi kurang lebih 9-10 hari,” ujarnya.

Dikatakan, selain Kismantoro ada beberapa kecamatan yang juga mengajukan bantuan beras seperti Desa Gunturharjo, Gudangharjo dan Songbledeg, Kecamatan Paranggupito.

“Untuk ketiga desa tersebut, kita juga sudah siapkan 20,5 ton gabah kering giling, tinggal membawa ke penggilingan padi untuk diproses,” katanya.

Pranowo juga menambahkan, beberapa waktu lalu, Pj Bupati Wonogiri Sarwa Pramana dalam rapat forum SKPD pernah menyatakan, untuk antisipasi bencana tanah longsor dan banjir disaat musim penghujan,telah mengajukan bantuan beras ke Propinsi sebanyak tujuh ton.

“Katanya Pak Pj buat oleh-oleh saat meninjau bencana, tidak hanya sekadar meninjau saja, kaya orang wisata saja,” imbuhnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge