0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Longsor, Empat Rumah Rusak, Tiga Warga Luka

Ilustrasi Tanah Longsor (merdeka.com)

Timlo.net – Hujan dengan intensitas sedang sejak pukul 02.00 WIB, membuat tebing setinggi 10 meter ambrol dan menimpa empat rumah beserta tiga penghuninya di Kampung Palasari, RT 08/03, Desa Tanjungsari, Cijeruk, Kabupaten Bogor, pukul 04.00 WIB, Minggu (29/11). Meski tak ada korban tewas, namun tiga dari 11 penghuni rumah mengalami luka memar dan patah tulang sehingga harus mendapatkan penanganan tim medis.

Akibat kejadian itu, kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah karena empat rumah dan satu musala yang terkena longsor nyaris terkubur. Bahkan puluhan kepala keluarga yang tinggal disepanjang bibir tebing terpaksa diungsikan untuk menghindari terjadinya longsor susulan.

Berdasarkan data dari Kantor Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, korban mengalami luka dan saat ini masih menjalani perawatan di Pukesmas yakni Hendra (43) Yosa (13) dan Salsa (13). Ketiganya ketika longsor menerjang kawasan Cijeruk, sedang tertidur pulas di kamar.

“Kejadiannya begitu cepat, saat hujan deras terdengar suara gemuruh dan langsung brakk dinding belakang rumah roboh, sehingga kita bisa menghindar dan menyelamatkan barang-barang. Masih mending meski tertimpa puing kita masih bisa cepat keluar. Kalau tidak kita terperangkap didalam reruntuhan bangunan,” ujar Hendra saat ditemui di Puskesmas Cijeruk.

Kepala Seksi Kesiapsiagaan dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Budi Aksomo saat dikonfirmasi melalui ponselnya, dari hasil pendataan bagian sosial kantor kecamatan Cijeruk, jumlah korban luka akibat tanah longsor di Cijeruk hanya tiga orang.

“Sedangkan rumah sebanyak empat unit dan satu musala. Untuk korban luka sudah dilarikan ke Puskesmas Cijeruk,” ungkapnya.

Penanganan selanjutnya, selain melakukan proses evakuasi dan pembersihan puing-puing bangunan yang terkena longsor, pihaknya juga sudah melakukan antisipasi terjadinya longsor susulan.

“Tapi sekarang proses pembersihan material longsor sudah selesai. Untuk sementara seluruh penghuni rumah yang rusak akibat longsor diungsikan ke tetangga dan keluarganya,” ungkapnya.

[did]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge