0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Atasi Kekeringan, Ganjar Janji Bangun 1.000 Embung

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo saat deklarasi Kabupaten Tangguh Bencana di Wonogiri (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Masalah krisis air bersih dan kekeringan sangat identik dengan Wonogiri. Untuk mengatasinya masyarakat diminta lebih greget mendukung program pemerintah.

“Padahal banyak potensi di Wonogiri, tapi kok yang terkenal hanya larang banyu,” ungkap Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, di sela-sela kunjungannya di Wonogiri Sabtu (28/11).

Menurutnya, hal tersebut bukan tanpa sebab. Wonogiri merupakan salah satu daerah di Jateng yang selalu dilanda bencana kekeringan setiap kemarau menyapa.

“Kunci mengatasinya bencana kekeringan, masyarakat garus greget, greget, greget,” tegasnya.

Dikatakannya, terkait program pemerintah, Ganjar mengklaim bakal menganggarkan pembuatan embung di wilayah selatan Wonogiri. Juga penanaman bibit pohon batang keras dengan karakter penyerap air yang kuat. seperti pohon beringin.

“Kita akan mulai pada 2016 mendatang dengan membangun 1.000 embung di Wonogiri, kita upayakan 2018 sudah selesai,” tandasnya.

Pejabat (Pj) Bupati Wonogiri, Sarwa Premana menambahkan, Wonogiri harus lebih tanggap bencana. Apapun bencana yang melanda, baik kekeringan maupun tanah longsor, dan lainnya, harus segera diusahakan peminimalan resikonya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge