0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kemarau Panjang, Produksi Durian Wonogiri Meningkat

Buah durian (dok.timlonet/nanang rahadian)

Wonogiri — Diprediksikan, produksi durian di Wonogiri pada musim ini bakal meningkat dibanding musim lalu. Pada musim lalu, produksi durian anjlok karena musim hujan lebih panjang sehingga banyak bunga durian yang rontok. Sedang, tahun ini, kemarau lebih panjang, sehingga banyak memberi kesempatan bunga durian untuk hidup.

“Produksi durian pada musim ini diprediksi meningkat sekitar 16-18 persen, lebih bagus ketimbang tahun lalu,” ungkap Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura (Dispertan TPH) Wonogiri, Safuan melalui Kasi Produksi Holtikultura, Joko Riyanto, Jumat (27/11).

Seperti diketahui, di Wonogiri terdapat beberapa kecamatan penghasil durian. Seperti Kecamatan Ngadirojo, Sidoharjo, Girimarto, Jatisrono, Jatipurno, Slogohimo, Bulukerto, Puhpelem, Purwantoro, hingga Kismantoro. Selain itu, tanaman durian juga banyak terdapat di Kecamatan Manyaran dan Eromoko.

Sementara itu, tanaman durian di Wonogiri saat ini baru tahap berbunga dan pentil buah. Dia memperkirakan, tanaman durian tersebut baru akan memasuki masa panen sekitar Januari mendatang. Adapun panen raya diperkirakan berlangsung pada Februari-Maret mendatang. Namun, apabila curah hujan tinggi, maka bunga dan pentil buah akan rontok.

“Wonogiri belum panen. Sedangkan durian-durian yang sekarang dijual di tepi-tepi jalan Wonogiri itu didatangkan dari luar Wonogiri,” terangnya.

Di sisi lain, kemarau yang terlalu panjang juga bisa berdampak pada kualitas buah durian yang kurang maksimal.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge