0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Cegah Kepunahan, Ratusan Pohon Langka Ditanam di Sragen

Penanaman pohon langka di Desa Karangudi, Kecamatan Ngrampal, Jumat (27/11) (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – Untuk mencegah dari kepunahan dan melestarikan tanaman yang termasuk jenis langka, Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Sragen memelopori penanaman kembali tanaman langka. Penanaman dilaksanakan di Desa Karangudi, Kecamatan Ngrampal, Jumat (27/11).

“Agar tidak punah, pelestarian tanaman langka harus dilaksanakan di Kabupaten Sragen khususnya. Sehingga tanaman-tanaman langka yang hampir tidak dikenal masyarakat masih bisa tumbuh dan berkembangbiak,” kata Kepala Dishutbun Sragen, Aris Wardono.

Penanaman pohon langka secara simbolis dilakukan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sragen, Tatag Prabawanto. Ada kurang lebih 200 bibit tanaman langka dengan sampel 21 bibit yang tadi pagi ditanam. Anak-anak pelajar di Desa Karangudi terlihat antusias ketika dilibatkan dalam penanaman pohon langka tersebut.

“Penanaman 200 bibit dengan 21 jenis tanaman langka pagi ini pada intinya bertujuan untuk melestarikan tanaman-tanaman langka yang semakin jarang ditemui oleh masyarakat pada umumnya,” jelas Aris.

Diantara tanaman langka yang ditanam adalah purwaceng, trembesi, damar, enau, dan palem.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge