0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

8 Puskesmas di Sragen Siap Diakreditasi

Salah satu Puskesmas di Sragen (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sragen menyiapkan delapan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) maju untuk mendapatkan akreditasi. Kedelapan Puskesmas itu adalah Masaran 1, Kedawung 2, Sragen, Karangmalang, Sumberlawang, Sambirejo dan Masaran 2 serta Sambungmacan.

“Diharapkan semua Puskesmas sudah terakreditasi pada tahun 2019 mendatang. Namun ini akan dilakukan secara bertahap,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinkes Sragen, dr Iin Dwi.

Iin menjelaskan, saat ini, Pemkab Sragen memiliki 25 Puskesmas yang tersebar di 20 kecamatan. Untuk tahun 2017 mendatang, ada 8 yang bakal diajukan dan pada 2018 menyusul 9 Puskesmas. Dinkes sendiri sudah mendapatkan  bantuan sebesar Rp 645 juta dari pemerintah pusat untuk penilaian proses akreditasi dan dana pendampingan Rp 75 juta dari APBD.

Dengan akreditasi itu, nantinya Puskesmas harus memberika pelayanan yang baik kepada masyarakat. Sebagai persiapan dari proses akreditasi itu, Dinkes juga telah menunjuk 2 Puskesmas, yakni Masaran I dan Kedawung 2 sebagai model percontohan.

“Kedua Puskesmas itu ditunjuk karena dilihat dari berbagai aspek kesiapan, termasuk komitmen pimpinan dan para stafnya,” kata Iin.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge