0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Wayangan, Bupati Jadi Bethara Kresna

Bupati dan Wakil dalam kostum wayang (foto: Nanang)

Karanganyar – Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Karanganyar, Juliyatmono – Rohadi Widodo, Rabu (26/11) malam tampil dalam pagelaran wayang orang yang diadakan di Taman Pancasila Karanganyar. Dalam lakon ‘Wahyu Makutoromo’ bupati berperan sebagai Bethara Kresna sedangkan Wakil Bupati sebagai Puntadewa.

“Dengan cara seperti inilah kita bisa ikut melestarikan budaya adiluhung bangsa Indonesia,” kata Bupati Karanganyar, Juliyatmono, Rabu (25/11).

Menurut Bupati, judul yang diambil dalam pementasan wayang orang yang digelar di Taman Pancasila tersebut pas seperti sejumlah wilayah atau tempat wisata yang ada di Kabupaten Karanganyar yakni diantaranya, Giribangun, Tawangmangu, Sukuh, Cetho, Sondokoro, dan Colomadu.

“Dengan digelarnya pementasan wayang ini, sesuai dengan judulnya semoga, Kabupaten Karanganyar mendapatkan kerohmatan yakni berupa wahyu, agar kabupaten ini tentram dan nyaman, baik pemerintah maupun masyarakatnya,” kata Bupati.

Dalam penampilan yang berkalaborasi bersama sejumlah seniman yang berasal dari Semarang dan wilayah Surakarta serta Karanganyar, orang nomor satu dan dua di Jajaran Pemerintahan Karanganyar tersebut terlihat tidak canggung dengan lakon yang diperankannya.

Sementara itu dalam sambutannya sebelum pentas, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementrian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) Semarang, Tegoeh Wynarno Haroeno mengatakan, bahwa pagelaran tersebut adalah bentuk dari perhatian Kemendikbud kepada sejumlah seniman dan pakar budaya yang ada di wilayah Jawa Tengah, khususnya di Daerah Solo Raya, seperti di Kabupaten Karanganyar.

Dengan adanya pegelaran tersebut, Kemendikbud berharap agar semua seniman dan budayawan yang ada di Jawa Tengah terus melakukan ekplorasi terhadap kesenian – kesenian yang ada, dengan tujuan untuk menghasilkan output yang selaras dan baik.

“Dengan acara pementasan atau semacam pagelaran, pemerintah yakin, kreatifitas kita semua akan dapat tereksplor dengan baik, selaras dengan apa yang kita harapkan, yakni memajukan kebudayaan dan mempunyai kreasi baru dalam kesenian dan kebudayaan,” kata Tegoeh.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge