0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Amankan Pilkada, Kodim Solo Kerahkan 1 SSK

Dandim Solo, Letkol Inf Chrisbianto Arimurti (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Mengantisipasi hal tak diinginkan saat coblosan Pilkada Solo 9 Desember, TNI menyiapkan sejumlah personel satuan setingkat kompi (SSK) untuk melakukan pengamanan di sejumlah lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS). Personel yang dikerahkan akan melakukan pengamanan mobile dengan koordinasi bersama pihak terkait.

“Sekitar 120-an personel akan dikerahkkan, sesuai kebutuhan dari pihak Polresta Solo,” kata Dandim 0735/ Solo, Letkol Inf Chrisbianto Arimurti, Kamis (26/11) siang.

Skema kerja yang dilakukan, lanjut Dandim, personel akan berada beberapa meter dari lokasi TPS. Hal ini, untuk mencegah supaya tidak timbul anggapan adanya intervensi dari pihak TNI terkait penyelenggaraan Pilkada di Kota Solo. Selain itu, personel yang disiagakan juga tidak memakai seragam TNI dan hanya menggunakan seragam sipil (preman).

“Personel tidak boleh berada di dekat TPS. Mereka berjaga beberapa puluh meter dari kawasan TPS,” jelas Dandim.

Dalam pengamanan Pilkada, kata mantan Ajudan Presiden tersebut, jajaran TNI bersifat melakukan ‘back up’ tugas kepolisian.

“Koordinasi dengan KPUD dan Panwaslu juga kami lakukan agar situasi keamanan saat Pilkada berlangsung aman dan kondusif,” tegas Dandim.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge