0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

SMK Warga Solo Berhasil Bikin Mesin Pencacah Rumput

SMK Warga Solo berhasil membuat mesin atau alat pencacah rumput. (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — SMK Warga Solo berhasil membuat mesin atau alat pencacah rumput. Hasil rumput cacahannya digunakan sebagai makanan ternak.

“Rumput yang masih besar-besar dimasukkan mesin pencacah. Di dalam mesin dicacah hingga kecil-kecil, kemudian hasil cacahannya diberikan kepada makanan ternak, seperti sapi, kambing, kerbau dan sebagainya,” jelas Anang Kurniawan, salah satu anggota tim pembuat mesin SMK Warga Solo kepada Timlo.net, di Solo, Kamis (26/11).

Kurniawan, siswa kelas III jurusan Teknik Mesin SMK Warga Solo mengatakan, kebutuhan makanan ternak berupa rumput semakin hari makin banyak. Agar tidak mengalami kelambatan makanan ternak maka perlu alat untuk memenuhi target yang dibutuhkan. “Oleh karena itu, kami berupaya mencoba membuat alat tersebut,” jelasnya.

Untuk membuat alat pencacah rumput ini, kata Kurniawan, awalnya dibutuhkan waktu selama kira-kira enam bulan, dengan biaya sekitar Rp 6 juta. Saat ini sedang dalam masa uji coba. Namun ke depan bila diproduksi secara massal, beaya bisa ditekan menjadi Rp 4 juta per unit.

Cara kerjanya, kata Kurniawan, rumput dimasukkan ke mesin. Lalu mesin dinyala, mekaniknya bergerak mencacah rumput yang besar-besar menjadi kecil-kecil. Rumput yang sudah terpotong kecil-kecil kemudian dipakai pakan ternak.

“Tidak itu saja, serabut sisa pencacahan dimanfaatkan sebagai pupuk. Baik untuk pupuk karena kandungan airnya banyak,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge