0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KAI Modif Gerbong KA Jadi Klinik Kesehatan

kereta Rail Clinic (merdeka.com)

Timlo.net – PT Kereta Api Indonesia (KAI) segera luncurkan kereta Rail Clinic. Kereta ini dioperasikan untuk pelayanan kesehatan.

EVP Balai Yasa Yogyakarta Eko Purwanto mengatakan Rail Clinic merupakan kereta pelayanan khusus kesehatan pertama di Indonesia.

“Mungkin ini di Indonesia yang pertama kali, karena ini kereta khusus, dulu pernah ada tapi kereta atau gerbong yang dirangkaikan di kereta api kepresidenan,” kata Eko, Rabu (25/11).

Menurut Eko, pembuatan kereta ini hanya memakan waktu kurang lebih satu bulan. Dijelaskan dia, jika Rail Clinic ini dulunya KRD yang dioperasikan di wilayah DAOP 2 Bandung.

Lantaran dianggap tidak layak untuk beroperasi kembali, maka KRD ini pun dimodifikasi. Hanya dengan dua kereta, Rail Clinic ini pun dimodif layaknya ruang pelayanan kesehatan rumah sakit.

Pada kereta pertama didesain sebagai ruang pelayanan untuk melakukan pemeriksaan umum sampai pemeriksaan gigi dan mata. Sedangkan kereta kedua, diubah menjadi kamar atau tempat istirahat bagi pasien (masyarakat yang sakit).

“Ini sebenarnya permintaan dari teman-teman medis di KAI, makanya kita buatkan, nanti pelayanan di Rail Clinic ini juga dari teman-teman medis kami,” jelasnya.

Eko mengatakan Rail Clinic ini beroperasi sesuai dengan misi yang menjadi program perusahaan. Salah satunya, Rail Clinic akan dikirimkan ke beberapa stasiun terpencil di wilayah pulau Jawa untuk memberikan pelayanan kesehatan masyarakat.

“Bahkan kita bisa layani persalinan, jadi yang ingin melahirkan di kereta, silakan, biar nanti bisa ada ceritanya,” terang dia.

Diklaim Eko, jika Rail Clinic merupakan bukti PT KAI terus menciptakan inovasi baik guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Bahkan, untuk memberikan rasa nyaman kepada para pengguna kereta api, PT KAI akan terus berinovasi baik dari sisi teknologi ataupun fasilitas-fasilitas lain.

[hhw]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge