0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Alternatif Berwisata, Terminal Baru Klaten Sediakan Andong

Terminal baru Ir Soekarno Klaten (timlo.net/ Aditya)

Klaten – Setelah tasyakuran terminal baru Buntalan menjadi Terminal Ir Soekarno Jumat (20/11) lalu. Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten meluncurkan Andong sebagai moda transportasi pendukung terminal terletak di Kelurahan Buntalan, Kecamatan Klaten Tengah, Rabu (25/11) sore.

“Kita ingin menjadikan andong sebagai moda transportasi alternatif di Terminal Soekarno. Sehingga kita menyediakan tempat khusus agar mereka bisa mangkal disini,” kata Kepala Dishub Klaten, Bambang Giyanto.

Menurut dia, moda transportasi bertenaga kuda itu memiliki nilai historis dan salah satu warisan budaya Jawa. Tidak hanya menjadi moda transportasi alternatif, andong diharapkan juga mendongkrak pariwisata di Klaten. Pihaknya akan menyediakan sekitar 20 andong yang biasa mangkal di ajang Car Free Day Klaten.

“Jadi tidak hanya untuk menunggu penumpang yang turun dari terminal, tapi andong juga bisa mengantarkan penumpang yang ingin berpergian ke tempat wisata seperti Rawa Jombor,” ujar Bambang.

Sementara itu, salah seorang pemilik bendi, Bambang (72), mengapresiasi langkah pemerintah tersebut. Setelah tidak boleh mangkal di stasiun Klaten dan kalah dengan mobil carteran, selama ini dia mangkal di kawasan Candi Prambanan.

“Kalau enggak di Candi (Prambanan), ya keliling ke kampung-kampung untuk disewa anak-anak. Siapa tahu dengan mangkal disini, penumpang dari stasiun juga akan lari kesini. Besok sore akan saya coba (mangkal),” kata¬† warga Dusun Padangan, Desa Glodogan, Kecamatan Klaten Selatan.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge