0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tunggakan Pajak Kendaraan Capai Rp 25 Miliar

Sosialisasi Pajak Kendaraan Bermotor di Kecamatan Kedawung. (foto: Agung)

Sragen – Jumlah tunggakan pajak kendaraan bermotor (PKB) di Kabupaten Sragen hingga November ini mencapai Rp 25 Miliar.  Sedangkan jumlah pajak yang telah dibayar oleh wajib pajak (WP) baru mencpai Rp 71,371 miliar atau 73.30 % dari target yang ditetapkan sebesar Rp 97 Miliar. Demikin data yang ada pada Unit Pelayanan Pendapatan dan Pemberdayaan Aset Daerah (UP3AD) Kabupaten Sragen.

“Sebenarnya kesadaran WP sudah baik. Tapi mungkin karena kondisi ekonomi yang belum memungkinkan, WP belum bisa membayar kewajibannya,” kata Kasie PKB Samsat Sragen, Kiswanto.

Kiswanto menjelaskan, jumlah tunggakan atau pajak yang belum dibayar hingga November ini sebesar Rp 25,967 Miliar atau sekitar 26.70 %. Mayoritas tunggakan itu muncul karena perekonomian warga yang sulit, pemilik kendaraan merantau atau kendaraannya berada di luar wilayah.

Untuk membangun kesadaran masyarakat agar taat pajak, pihaknya gencar melakukan sosialisasi ke berbagai pihak, baik PNS, perangkat desa hingga kalangan pelajar.

Kiswanto menambahkan, program pemutihan pajak kendaraan dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tidak mampu mendongkrak pembayaran pajak kendaraan. Pasalnya, pembebaskan tunggakan denda atau sanksi administrasi tersebut hanya bagi kendaraan yang menunggak lebih dari satu tahun. Sedangkan pajak pokoknya masih tetap harus dibayar.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge