0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rawan Kejahatan, Ini Tips Aman Lewat JPO

Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) (merdeka.com)

Timlo.net – Kejahatan di atas Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) kembali terjadi di Jakarta. Terakhir, kasus perampokan dan pemerkosaan yang menimpa Ria (19), seorang karyawati swasta.

Melihat kasus ini, Kriminolog dari Universitas Indonesia, Josias Simon memberikan tips bagi para perempuan untuk mengantisipasi tindak kriminalitas terjadi bagi kaum hawa. Menurutnya, upaya penanggulangan yang dapat dilakukan adalah dengan membekali diri dengan peralatan keamanan semisal cairan cabai atau cuka.

Selain itu, langkah lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan melihat situasi dan waktu bila ingin melintas di wilayah atau tempat-tempat publik yang sepi dan rawan tindak kriminalitas. Bisa juga, dengan meminta tolong warga sekitar bila ada orang atau oknum yang dianggap mencurigakan.

“Pertama selain menggunakan peralatan keamanaan misal cairan cabai atau cuka, namun itu sangat terbatas. Untuk yang lain mengantisipasi situasi, misal situasi yang sepi, bisa dengan menunda atau menghindari situasi dan tempat yang sepi dan menunggu sampai situasi ramai,” kata Josias, Selasa (24/11).

“Ada kemungkinan lain dan ada yang diarahkan pelaku untuk menuju jalan yang sepi. Yang lebih diperhatikan, yang naik motor dan mobil, misal minta tolong kepada masyarakat lain,” lanjut dia.

Josias juga mengimbau kepada para perempuan, agar tetap bersikap waspada dan selalu berusaha mencari bantuan jika merasa ada orang yang mencurigakan. Namun, jika berada dalam keadaan genting, cara terakhir yang dapat dilakukan adalah untuk tidak takut melawan dan lapor ke pihak yang berwajib.

“Waspada dan berusaha mencari bantuan pihak keluarga tetap melakukan upaya untuk lepas dari pelaku. Kalau sudah dalam keadaan terpaksa ya melawan, kalau tidak bisa lari,” kata Josias.

[gil]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge