0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pekan Ini, Ispektorat Periksa Oknum Pelaku Pungli

Ilustrasi (timlo.net - dhefi)

Sukoharjo — Inspektorat Pemkab Sukoharjo akan memeriksa oknum yang diduga melakukan pemungutan liar ijin IMB di Kecamatan Baki dalam pekan ini. Sejauh ini pihak inspektorat mengalami kesulitan mencari data terkait kasus pungli yang dikeluhkan salah seorang warga belum lama ini.

“Kita sudah menurunkan tim ke sana (Kecamatan Baki) sebagai langkah awal, namun sejauh ini saya belum menerima laporannya, dan untuk selanjutnya okunumnya akan kita periksa dahulu minggu ini,” kata Kepala Inspektorat Sukoharjo, Joko Purnomo, Selasa (24/11).

Pihak inpektorat mengakui keterbatasan data terkait kasus dugaan pungli ini karena tidak ada pelapor yang bisa dimintai konfirmasi. Padahal dasar melakukan investigasi dan pemeriksaan dari laporan masyarakat, baru setelahnya dikroscek dan memeriksa saksi-saksi.

Inspektorat berusaha mendatangkan pihak pelapor yang merasa dirugikan untuk memberikan keterangan kasus dugaan pungli perijinan ini. Dari keterangan ini nantinya akan digunakan sebagai dasar proses penyidikan selanjutnya sesuai peraturan yang berlaku.

“Kita upayakan untuk klarifikasi pelapor, saksi kemudian kalau terbukti akan kita buat berita acara rekomendasi ke Bupati dan BKD menerbitkan SK sanksi yang akan diterima pelaku,” tandasnya.

Sebelumnya seorang warga yang tidak bersedia disebutkan namanya mengeluhkan adanya pungutan liar saat dirinya mengurus IMB di Kecamatan Baki. Dirinya ditarik biaya Rp 150 ribu untuk proses perijinan oleh oknum tanpa diberi tanda bukti pembayaran.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge