0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Koperasi Harus Tangani Kebutuhan Pangan

Nurdin Halid (timlo.net/eko prasetyo)

Solo – Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) tengah membicarakan dengan Kementeraan Pertanian, Kementerian Perdagangan dan Bulog terkait mengedepankan koperasi harus menjadi pelaku menangani kebutuhan pangan.

“Kalau koperasi menangani, saya yakin tidak ada kelangkaan pangan, misalnya distribusi pupuk, atau kelangkaan pupuk,” jelas Ketua Umum Dekopin AM Nurdin Halid kepada wartawan, seusai berbicara Koperasi Pilar Negara di Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Selasa (24/11).

Nurdin mengatakan, kalau koperasi menangani seperti pupuk, niscaya tidak ada kelangkaan lantaran disimpan di gudang. Karena koperasi wajib melayani anggotanya. Koperasi akan diserang anggotanya kalau tidak melayani.

“Kalau sekarang ini sering terjadi kelangkaan, karena swasta menyimpan di gudangnya. Begitu ada kelangkaan, dia lepas, supaya harga naik. Padahal barang itu bersubsidi,” ujarnya.

Terkait hal itu, Dekopin juga meminta adanya revitalisasi pasar tradisional modern. Mekanisme pasarnya diurus perdagangan, tetapi fasilitas pasar dikelola oleh koperasi di pasar bersangkutan.

“Itulah merupakan pendekatan-pendekatan program koperasi yang bersentuhan dengan ekonomi,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge