0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UNS dan Dekopin Akan Kerjasama Sertifikasi Koperasi

Solo – Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) akan berkerjasama dalam hal sertifikasi koperasi. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia pengelola koperasi.

Wakil Rektor III UNS, Prof Dr Ir Darsono menyatakan, kerjasama itu terlebih dahulu akan dilaksanakan dalam bentuk pelatihan yang dimulai pekan depan. Meliputi tenaga tata kelola mulai tata kelola keuangan, manajemen, pemasaran, dan sebagainya.

“Yang disertifikasi adalah personalnya. Paling tidak, mereka memiliki kompetensi dasar mengenai manajemen perkoperasian secara akademik dan praktis sebagai penggiat koperasi,” jelas Darsono kepada wartawan, di Rektorat UNS, Solo, Selasa (24/11).

Sertifikasi koperasi, menurut Darsono, merupakan koridor untuk melindungi tenaga kerja koperasi ketika nanti masyarakat ekonomi asean dibuka. Apalagi Indonesia memiliki soko gurunya adalah koperasi.

“Awalnya sebagai uji coba adalah koperasi mahasiswa terlebih dahulu,” jelasnya.

Hal senada juga dikemukakan Ketua Dekopin Nurdin Halid yang menyatakan, sertfikasi koperasi adalah penting. Karena sebulan lagi masyarakat ekonomi asean berlaku, dimana tenaga asing tidak bisa dihalangi untuk menjadi manajer koperasi misalnya. Salah satu untuk cara untuk membendung agar tidak menguasai koperasi dengan adanya sertifikasi koperasi. Sertifikasi koperasi hanya diterbitkan untuk orang Indonesia saja.

“Karena itu, yang paling siap menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN adalah koperasi,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge