0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tim Sidak Gagal Temui Pemilik Peternakan Babi Suronandan

timlo.net/putra kurniawan

Tim sidak peternakan babi di Dusun Suronandan

Sukoharjo — Tim dari Satpol PP dan Dinas Pertanian Sukoharjo melakukan inspeksi mendadak ke peternakan babi di Dusun Suronandan, Desa Madegondo, Kecamatan Grogol. Dari perwakilan pengelola peternakan tidak bisa menunjukkan surat ijin operasional peternakan yang diprotes warga karena limbahnya mencemari lingkungan.

“Saat kami datangi lokasi peternakan yang mempunyai 293 ekor babi ini, penanggung jawab peternakan tidak bisa menunjukkan perijinannya, pemilik menjanjikan akan memuhi panggilan petugas Kamis besok,” kata Kasi Penindakan Satpol PP, Sunarto, Senin (23/11).

Pada saat dilaukan sidak, pemilik peternakan tidak berada di tempat, hanya penangung jawab kandang saja yang menemui petugas. Setelah dihubungi melalui telepon selulernya, pemilik peternakan babi, Wangwang mengaku sedang berada di Jakarta dan menjanjikan Hari Kamis besok akan datang ke Pemkab Sukoharjo.

Kemungkinan besar kandang babi yang sudah beroperasi 15 tahun itu, dipindah ke lokasi lain sesuai seperti tuntutan warga Dusun Suronandan RT 03/RW 02, Desa Madegondo. Pasalnya saat petugas melakukan sidak, puluhan babi mulai diangkut ke dalam truk.

“Sudah saya sampaikan ke pemilik peternakan Pak Wangwang kalau ada petugas yang datang ke peternakan. Dan sebagian babi juga sudah kami pindahkan ke lokasi baru,” tandas penanggungjawab peternakan, Bambang Yunianto.

Sebelumnya, puluhan warga RT 03/RW 02, Dusun Suronandan, Desa Madegondo melakukan aksi unjuk rasa di depan peternakan babi di kampung mereka. Warga menuntut kandang dipindahkan dari kampung agar tidak lagi mencemari lingkungan dan menuntut mengembalikan tanah makam yang diduga diseronot untuk kadang babi.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge