0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Hindari Kecurangan, Tes CPNS bakal Pakai CAT

(Ilustrasi) Seleksi CPNS (dok.timlo.net/tyo eka)

Karanganyar — Sistem ujian dalan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemkab Karanganyar akan menggunakan model CAT (computer accesment test). Sistem ini dipercaya paling valid sehingga hasil akhir langsung diketahui berapa nilai tes setiap peserta.

“Dengan begitu tidak akan terjadi lagi tudingan kongkalikong, kolusi dan nepotisme,” kata. Sekretaris Daerah (Sekda) Karanganyar Samsi, Senin (22/11).

Menurut Samsi, sistem ini sama dengan yang digunakan tes CPNS tahun lalu, yang semuanya sudah menggunakan CAT. Hanya saja selain TKD (tes kemampuan dasar) masih ada TKB (tes kompetensi bidang) yang diujikan sesuai bidang masing-masing.

‘’Kami berharap TKD dan TKB semuanya ditangani satu di pusat, sehingga kemungkinan terjadi tudingan konspirasi, kolusi akan berkurang,” jelasnya.

Kalau TKD menggunakan CAT, namun jika TKB diserahkan ke daerah, pihaknya akan keberatan. Pasalnya, pihaknya pasti tetap menanggung resiko akhir, yang sangat mungkin malah menjadikan masalah besar,berurusan dengan hukum, banyak sorotan. Karena itu pihaknya minta semua jenis tes diserahkan pusat, tidak ada yang diserahkan daerah.

“Malah lebih baik semua CAT karena lebih terbuka,” kata Samsi.

Seperti diketahui, Karanganyar kekurangan 2.300 CPNS karena telah empat tahun terkena moratorium. Moratorium adalah penundaan penerimaan CPNS karena perbandingan anggaran untuk gaji pegawai dengan untuk alokasi lain tidak proporsional. Pemkab menyiapkan Rp 800 juta untuk rekrutmen CPNS baru yang dialokasikan pada APBD 2016 mendatang.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge