0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pendataan Belum Selesai, Pengurangan Subsidi Listrik Ditunda

Manager PLN Area Solo, Purwadi (foto: Setyo)

Solo – Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan menunda pengurangan subsidi listrik yang awalnya mulai berlaku awal 2016. Proses pendataan warga miskin layak subsidi hingga saat ini masih belum selesai, sehingga masih membutuhkan waktu.

“Saat ini kita masih dalam tahap mempersiapkan survei di lapangan, agar kriteria penerima subsidi bisa sesuai sasaran,” ujar Manager PLN Area Solo, Purwadi saat dihubungi wartawan, Sabtu (21/11).

Dikatakan, dalam melakukan survei di lapangan, PLN menggandeng Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). Karena menurutnya saat ini yang memiliki data lengkap soal warga miskin adalah lembaga tersebut.

“Proses survei sendiri rencananya akan kita lakukan maksimal pada Januari 2016. Selain persiapan survei kita juga terus melakukan sosialisasi kepada pihak terkait seperti masyarakat dan instansi,” jelasnya.

Menurutnya, dalam pendataan warga miskin layak subsidi tidak bisa dalam waktu singkat. Pasalnya dari data yang ada, total pelanggan listrik dengan daya 450 VA dan 900 VA cukup banyak. Bahkan di area Solo mencapai sekitar 90 persen dari total pelanggan yang ada.

“Oleh karena itu kebijakan pengurangan subsidi listrik tersebut terpaksa ditunda hingga pertengahan 2016. Karena proses pendataan bukan soal yang mudah sehingga memperlukan waktu,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge